image_pdfimage_print

Tutorial Penggunaan Aplikasi Avogadro

Haloo teman-teman semuanya, bagi para pencinta kimia kalian semua harus tau ini nih yang terbaru yaitu aplikasii avogardo. yeeyeye. Avogadro adalah software kimia gratis, open source, tersedia dalam berbagai paltform sistem operasi merupakan editor molekul yang dirancang untuk digunakan secara fleksibel dalam kimia komputasi, pemodelan molekul, bioinformatika, ilmu material, dan bidang terkait lainnya. Pasti udah pada penasaran kan sama avogadro ini langsung saja ya kita ke cara penggunaan software avogadro.

Tapi sebelum ke cara penggunaannya kalian harus install dulu softwarenya, kalian bisa download tutorial install aplikasi hyperchem disini

Langkah-langkah penggunaan aplikasi avogadro

1. Buka aplikasi avogadro, dimana tampilan awal dari aplikasi ini seperti ditunjukkan pada gambar dibawah ini :

2. Untuk membuat bentuk glukosa maka klik Tool Setting kemudian pada kolom Element kita ambil atom karbon, pada Bond Order pilih single, kemudian klik pada layar gambar, tahan dan geser hingga terbentuk ikatan antar atom.

3. Apabila atom yang kita inginkan tidak ada pada list, maka kita dapat klik other untuk memunculkan tabel periodik unsur dan memilih atom yang kita inginkan dengan meng-klik atom tersebut. Buat 6 atom karbon yang saling berikatan seperti pada gambar berikut :

4. Pilih atom oksigen dan gambarkan 6 atom oksigen seperti pada gambar berikut :

5. Pilih atom hidrogen dan gambarkan seperti pada gambar berikut, sehingga jadilah satu molekul glukosa yang terdiri dari atom karbon, oksigen, dan hidrogen.

Selesai, mudah kan penggunaan aplikasi avogadro. Semoga bermanfaat. Kalian bisa download disini

Oh iya kalian bisa melihat tutorial videonya dibawah ini

 

Tutorial Penggunaan Aplikasi Avogadro

Satu gagasan untuk “Tutorial Penggunaan Aplikasi Avogadro

Tinggalkan Balasan